Prima MInechem Indonesia

Pelapis Saluran Concrete Canvas

CHANNEL LINING

Pelapis saluran Concrete Canvas (Geokomposit Semen)  adalah alternatif beton yang dipasang dengan cepat. Concrete Canvas (Geokomposit Semen) mencegah pertumbuhan vegetasi atau tumbuhan, menumpukkan sedimentasi atau lumpur dan pengendalian erosi, mengurangi kebutuhan dan biaya pemeliharaan. Pelapis saluran Concrete Canvas (Geokomposit Semen) 5 kali lebih tahan abrasi dari beton OPC standar, memiliki ketahanan kimia yang sangat baik, kinerja pelapukan yang baik dan tidak akan terdegradasi di UV. Tersedia dalam batch rolls atau gulungan kecil, Concrete Canvas dapat dipasang untuk aplikasi dengan akses terbatas dan siap digunakan dan tidak memerlukan alat bantu, pengukuran, atau pemadatan. Concrete Canvas bersertifikat BBA dengan daya tahan lebih dari 120 tahun saat digunakan dalam aplikasi pengendalian erosi.

Permasalahan Pada Saluran Terbuka

Permasalahan yang sering terjadi pada material pasangan/pelapis saluran terbuka tradisional seperti beton dan pasangan batu pecah adalah:

  1. Kerusakan pada saluran seperti bocor dan tanggul runtuh.
  2. waktu pengerjaan/pengeringan relatif lama
  3. keseragaman kualitas dan bahan
  4. biaya perawatan yang mahal dan rutin

keunggulan Concrete Canvas sebagai Pelapis Saluran

Concrete Canvas (Geokomposit Semen) sebagai pelapis/pasangan saluran memiliki banyak keunggulan dan benefit. Berdasarkan uji lapangan selama 10 tahun yang dilakukan oleh Biro Reklamasi AS (USBR) seperti yang dilaporkan oleh Swihart& Haynes (2002) menunjukkan bahwa geomembran dengan lapisan beton (Teknologi Concrete Canvas) memberikan rasio B/C (Manfaat terhadap Biaya) tertinggi jika dibandingkan dengan geomembran terbuka dan beton insitu. Selain memberikan manfaat jangka panjang yang serupa dengan geomembran dengan lapisan beton, Concrete Canvas (Geokomposit Semen) memberikan sejumlah manfaat tambahan lainnya seperti:

Mencegah Kerusakan Saat Inslatasi

Risiko kerusakan geomembran selama pemasangan didokumentasikan dengan baik (Schiers 2009). Beberapa penelitian telah menyatakan sebanyak 71% kebocoran geomembran mengalami kerusakan selama pemasangan penutup atas pelindung. Meskipun tidak ada pengganti untuk pemasangan yang hati-hati, sifat prefabrikasi dari lapisan pelindung pada Concrete Canvas secara signifikan mengurangi risiko tusukan/rusak selama pemasangan.

Pemasangan lapisan beton Pada lereng tanpa adanya keruntuhan beton

Serat fiber matriks Concrete Canvas mencegah dislokasi semen kering selama transportasi dan hidrasi. Hal ini memungkinkan Concrete Canvas untuk diletakkan di lereng vertikal tanpa kemerosotan atau kehilangan kekuatan. Sebaliknya beton tanpa tulangan biasanya tidak stabil selama penempatan pada sisi lereng yang lebih curam dari 1,5H:1V seperti yang dilaporkan dalam Giroud & Plusquellec (2017).

Ketebalan yang seragam dan mencegah keretakan

Fabrikasi Concrete Canvas memungkinkan menjaga ketebalan yang ditentukan dengan ketat yang membantu menghindari keretakan jangka panjang yang sering dikaitkan dengan variasi ketebalan yang ada dalam beton insitu seperti yang dilaporkan dalam Giroud & Plusquellec (2017).

Koefisien nilai Manning

Nilai Manning memberikan indikasi resistensi terhadap aliran hidraulik dan memungkinkan para insinyur menghitung profil saluran dan kemiringan yang sesuai untuk persyaratan laju aliran tertentu. Nilai Manning ‘rendah’ mewakili material dengan resistensi yang lebih kecil untuk mengalir dibandingkan dengan nilai Manning ‘tinggi’. Kanvas Beton telah diuji oleh Texas Research Institute (TRI) di Amerika Serikat (2016) dan terbukti memiliki nilai Manning sebesar 0,011. Ini mirip dengan permukaan beton tuang halus (0,01) dan secara signifikan lebih rendah dari permukaan beton tuang kasar (0,015).

Impermeabilitas Yang Tinggi

Sifat Prefabrikasi Concrete Canvas memungkinkan lapisan geomembran pada permukaan bawah bersentuhan erat dengan matriks serat beton pada permukaan atas – aspek yang melekat pada proses pembuatan. Hal ini menghasilkan tingkat kebocoran yang lebih rendah jika dibandingkan dengan liner geomembran sendiri, karena “efek liner komposit” seperti yang dibahas dalam Giroud (2016).

Ramah Lingkungan

Sebuah laporan untuk menilai jejak karbon dari produk Concrete Canvas terkemuka menggunakan metode Penilaian Siklus Hidup penuh ISO 14040 (Mironov V. 2017), menemukan bahwa ketika mempertimbangkan bahan mentah saja, saluran Concrete Canvas (8mm) mengandung kurang dari 45% karbon lebih sedikitĀ  dari saluran konvensional yang dilapisi dengan beton tuang 150mm

LANGKAH PEMASANGAN

Siapkan substrat sehingga permukaannya dipadatkan dengan baik, stabil secara geoteknik dengan permukaan yang halus dan seragam.

WhatsApp Image 2021-09-27 at 06.51.57

Penting untuk mencegah masuknya air dan angin antara CC dan substrat, baik di sekeliling instalasi maupun di sepanjang sambungan.

Penting untuk memastikan bahwa CC disambung pada setiap tumpang tindih antar lapisan dan lapisan-lapisan tersebut dipasang pada permukaan.

Penting untuk menghidrasi CC dengan benar, menggunakan air yang cukup untuk jumlah bahan yang digunakan dan memungkinkan kondisi pengeringan.

Dapatkan Penawaran dan Konsultasi Sekarang