Prima Minechem Indonesia

Penghematan Biaya Peledakan Tambang Mencapai 15 – 30% dengan Perbandingan Peledakan Konvensional

Penghematan Biaya Peledakan Tambang Mencapai 15 – 30% dengan Perbandingan Peledakan Konvensional

Klien kami, penambang batu bara di Powder River Basin, sedang berupaya mengatasi biaya peledakan yang tinggi. Dalam upaya mencapai penurunan biaya peledakan, mereka melibatkan konsultan independen lalu melaksanakan uji ledakan. Mereka berharap dapat menemukan solusi inovatif, seperti mengurangi penggunaan bahan peledak, tetapi juga tetap efisien terhadap operasional mereka.

Proses peledakan dijalankan dengan menggunakan campuran emulsi dalam perbandingan 50/50 sebagai bahan peledak utama. Tinggi stemming mencapai 16,15 meter untuk memastikan detonasi yang efektif. Setiap lubang peledakan dilengkapi dengan 2 detonator elektronik guna menjaga keamanan dan konsistensi dalam peledakan.

Dengan menerapkan desain ledakan yang konvensional, mereka berhasil mencapai rata-rata powder factor sebesar 0,42 kg/m3. Powder factor ini merupakan indikator efisiensi penggunaan bahan peledak, di mana semakin rendah angka ini, semakin efisien penggunaan bahan peledak dan material hasil ledakan.

Klien kami berambisi untuk mendapatkan perbandingan yang signifikan antara penggunaan air deck dan ketiadaan air deck dalam proses peledakan. Tujuan akhirnya adalah mengembangkan solusi yang dapat mengurangi biaya peledakan, meningkatkan efisiensi operasional, dan mengoptimalkan hasil produksi mereka.

Untuk mengurangi penggunaan bahan peledak, mereka memutuskan untuk menggunakan air deck di antara kolom stemming dan bahan peledak. Dalam konteks ini, mereka memilih untuk menggunakan MTi BLASTBAG™ yang ditempatkan di setiap lubang untuk membentuk air deck.

Penghematan Biaya Peledakan Tambang Mencapai 15 – 30% dengan Perbandingan Peledakan Konvensional

Penghematan Biaya Peledakan Tambang Mencapai 15 – 30% dengan Perbandingan Peledakan Konvensional

Seperti yang terlihat dalam ilustrasi di atas, dilakukan 4 ledakan uji secara berurutan, dengan menerapkan 3 desain decking yang berbeda untuk mengurangi kolom bahan peledak sebesar 0,9 meter pada 2 desain pertama dan 1,5 meter pada desain terakhir. Berbagai desain air deck yang berbeda diterapkan pada bagian yang berbeda dari setiap ledakan uji untuk memungkinkan perbandingan hasil yang valid.

Penghematan Biaya Peledakan Tambang Mencapai 15 – 30% dengan Perbandingan Peledakan Konvensional

Dalam seluruh uji peledakan yang mereka lakukan, VOD (Velocity of Detonation) yang dihasilkan tetap konsisten sesuai dengan penggunaan bahan peledak curah dan menghasilkan kinerja peledakan yang sebanding. Fragmentasi pada lapisan batuan tidak terpengaruh, begitu juga dengan muatan dan cycle time yang diperlukan untuk menggali limbah bekas ledakan.

Dari hasil uji peledakan ke-3, mereka berhasil mencapai kinerja dengan pengurangan powder factor sebesar 0,38 kg/m3. Hasil ini kemudian direplikasi dan divalidasi dalam uji peledakan ke-4.

 

Kesimpulan

Studi ini menegaskan bahwa penggunaan air deck yang dirancang dengan baik tidak berdampak negatif pada kinerja peledakan, dan mencatat bahwa penambahan waktu yang diperlukan untuk menyiapkan BLASTBAG™ tidak signifikan dan dapat diabaikan.

Penting untuk dicatat bahwa pengurangan powder factor dapat tercapai tanpa mengorbankan efektivitas keseluruhan proses peledakan. Hal ini menawarkan potensi penghematan biaya yang signifikan bagi lokasi tambang, dengan perkiraan pengurangan konsumsi bahan peledak hingga 5.300 ton per tahun, setara dengan penghematan sekitar USD 1,6 juta per tahun. Semua ini menyoroti manfaat positif dari penggunaan MTi BLASTBAG™ dalam proses peledakan overburden di tambang.

Jangan ragu untuk menghubungi kami lebih lanjut, kami dengan senang hati akan menjawab kebutuhan peledakan pertambangan Anda.

Dapatkan Konsultasi dan Penawaran

Untuk memberikan pelayanan dan kualitas terbaik kami memberikan konsultasi gratis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post